Breaking News
Join This Site
Proposal Penawaran Pembuatan Website Sekolah

Proposal Penawaran Pembuatan Website Sekolah

Contoh Proposal Pembuatan Website Sekolah - Bagi sebuah instansi sekolah, website sekolah saat ini sangat diperlukan sebagai media informasi dari sekolah kepada masyarakat umum. Kali ini arsipkantor.com akan memberikan contoh proposal pembuatannya.







PENDAHULUAN
Pertanyaan yang sering muncul bagi orang awam adalah apa yang dimaksud dengan internet.  Internet  adalah  kumpulan  komputer  antar  satu wilayah  dan wilayah  lainnya  yang terkait  dan  saling  berkomunikasi.  Internet  telah mengubah  wajah  komunikasi  dunia  yang sejak  lama didominasi oleh  perangkat digital  non-komputer, menjadi  komunikasi  komputer yang global. Dengan  internet, maka di manapun kita berada dapat berhubungan satu sama lainnya dengan perangkat komputer tanpa dibatasi lagi oleh ruang dan waktu.
Keberadaan  Internet saat  ini memberikan keuntungan secara  langsung maupun  tidak langsung kepada dunia bisnis, pendidikan, komunitas dan banyak lagi dari skala kecil hingga besar.  Dengan  adanya  fasilitas  internet  data-data  bisa  disimpan,  diambil  dan  dikirimkan secara mudah ke seluruh penjuru dunia dengan berbagai cara, data dan informasi yang ada dapat  dihubungkan  dengan  mudah  dan  cepat  hanya  dengan  menggunakan  'hyperlinks' (penghubung virtual).
Pelanggan  atau  calon  pelanggan  anda  tidak  perlu  lagi  membuang  waktu  yang berharga  hanya  untuk  mencari  informasi  mengenai  sekolahan  anda,  fasilitas  maupun kelebihan-kelebihan  yang  anda  tawarkan,  semuanya  tersedia  di  Internet  secara  real  time (website). Mereka dapat dengan mudah menghubungi anda dan sekolah melalui email. Yang mereka butuhkan hanyalah menekan tombol pada keyboard dan mouse.

Perkembangan Internet
Mengutip pernyataan Bill Gates, Chairman of Microsoft Corp, “Internet akan menyapu kita  seperti  sebuah  gelombang  pasang  yang  akan  menenggelamkan  setiap  orang  yang dilewatinya yang tidak siap untuk hidup dalam sebuah masyarakat informasi”.
Mungkin  interaktifitas  tanpa  batas  yang  ditawarkan  oleh  internet  kepada  umat manusialah  yang membuat  internet  tersosialisasi  secara  quantum  (dengan  sangat  cepat). Bila mengamati kondisi Indonesia pada tahun 1994 internet masih sangat terbatas, tetapi kini telah banyak bahkan beribu-ribu warnet bertebaran di  seluruh pelosok negeri dan demam internet telah melanda semua kalangan profesi.
Menurut  Stevan  Hamad  dalam  ”post-Gutenberg  Galaxi  :  The  fourth  Revolution  the Means  of  Production  of  Knowledge”  telah  terjadi  tiga  revolusi  dalam  sejarah  pemikiran manusia  bila  ditinjau  dalam  kontruksi  pengetahuan  umat  manusia,  dan  kini  kita  berada dalam ambang yang ke empat. Yang pertama  terjadi ketika bahasa pertama muncul dalam spesies homo sapiens, kedua dengan ditemukannya tulisan dan ketiga munculnya peralatan mesin yang lebih dikenal dengan peristiwa “revolusi industri.”
Kini  kita  berada  di  ambang  revolusi  yang  ke  empat,  yakni  revolusi  quantum.  Umatmanusia  pasca  revolusi  ke  empat  ini  akan  dapat  berinteraksi  oral  maupun  teks  dengan sangat interaktif ke seluruh penjuru dunia tanpa sedikit pun kehilangan interaktifitas maupun perasaan  livenya.  Distribusi,  propagasi  dan  menyebarnya  pengetahuan  melalui  internet maupun kodifikasi dan kontruksinya menjadi teramat eksplosif.
Kemudian timbul sejumlah pertanyaan yang cukup menggelitik: ”bagaimana persiapan kita  semua dalam menyiapkan diri di era quantum?  loncatan-loncatan apa  yang  telah  kita siapkan  secara dini  dalam menghadapi  dunia  dan mentranformasikannya mmenuju  suatu tatanan dunia baru ?” “Telah siapkah dengan menquantumkan atau memberikan  terobosan antar generasi, sehingga generasi berikut sanggup mengikuti dan menghadapi bahkan  ikut mengendalikan  perubahan-perubahan  dan  loncatan-loncatan  yang  akan  terjadi  ?”    “Atau terus menerus dan  turun  temurun  generasi  berikutpun hanya  akan menjadi penonton dan looser  yang pasif dan matrix  (penjara)  yang  potensinya  terpasung dan  tidak  teraktualisasi dalam ‘kehingarbingaran’ dunia cyberspace milenium berikut ini ?”

Website Sekolah
Web sekolah merupakan ajang untuk menampilkan informasi dan dokumentasi sebuah sekolah. Sebenarnya banyak sekali informasi tentang sebuah sekolah yang bisa dipaparkan atau ditampilkan ke publik sebagai bahan masukan bagi masyarakat tentang jati diri sebuah sekolah  tersebut. Namun  ada  batasan-batasan  yang  harus  dipakai  sehingga  sebuah web sekolah  menjadi  keren.  Salah  satunya  adalah  soal  brand-image. Web  sekolah  juga  bisa menjadi brand-image yang baik bagi publik untuk menjadi tuntunan (guideline) dalam memilih sekolah mana yang akan dituju dan dipilih. Untuk  itu sebuah diskusi panjang dengan pihak terkait dalam organisasi sekolah menjadi mutlak adanya.

Secara  tidak  langsung gengsi sekolah pun mendapat perhatian dari pesaing. Dengan adanya homepage menunjukkan bahwa sekolah telah mampu untuk bersaing dan telah siap untuk menghadapi era teknologi dan pasar global saat ini. 


Untuk mendapatkan file dokumen lengkap dalam bentuk microsoft word atau .doc, silahkan klik tautan di bawah ini:
Proposal Penawaran Pembuatan Website Sekolah.docx

Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas, tapi utamakan berkomentar tentang postingan ini.

Emoticon