RPP SD Kelas 2 K13 - Perangkat pembelajaran yang akan arsipkantor.com bagikan kali ini adalah contoh RPP SD kelas II kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1 : Hidup
Rukun di Rumah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Bahasa
Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok
dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan
kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan
menggunakan bilangan kurang 100
Bahasa
Indonesia
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan
karakter yang dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan
tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan
keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
PPKn
3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1 Menceritakan kebersamaan dengan anggota
keluarga yang berbeda jenis kelamin.
SBdP
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu
dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis
secara teliti.
¡ Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat
me-mainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
¡ Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki
dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan
teliti.
¡ Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap
individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
¡ Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks
permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan
teliti.
¡ Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa
dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam
kemajemukan keluarga dengan teliti.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh
ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
¡ Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang
sampai 500 dengan teliti.
¡ Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan
banyak benda dengan teliti.
¡ Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan
teliti.
¡ Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan
teliti.
¡ Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan
guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD
yang tepat secara teliti.
¡ Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat
menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan
percaya diri.
¡ Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat
menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin
dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
¡ Pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
¡ Menentukan karakter setiap individu di rumah.
¡ Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis
kelamin.
¡ Teks permintaan maaf.
¡ Memperagakan contoh ucapan permohonan maaf.
¡ Membilang sampai 500.
¡ Melengkapi deret bilangan berpola +1.
¡ Menulis teks buku harian.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Untuk mendapatkan file dokumen lengkap dalam bentuk microsoft words atau .doc, silahkan klik tautan di bawah ini:
[8] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Keselamatan di Rumah dan Perjalanan.docx
KI dan KD SD 2013.doc
KKM Kelas 2.doc
Program Semester Kls 2.doc
Program Tahunan Kls 2.doc
Silabus Integrasi Kelas 2.doc
Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.
KI dan KD SD 2013.doc
KKM Kelas 2.doc
Program Semester Kls 2.doc
Program Tahunan Kls 2.doc
Silabus Integrasi Kelas 2.doc
Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas, tapi utamakan berkomentar tentang postingan ini.
Emoticon