Breaking News
Join This Site
RPP SD Kelas 6 Kurikulum 2013

RPP SD Kelas 6 Kurikulum 2013

RPP SD Kelas 6 K13 - Setelah arsipkantor.com membagikan RPP SD kelas 1 sampai 5, kali ini arsipkantor.com akan membagikan RPP SD Kelas VI K13, berikut ini sedikit cuplikannya. Semoga bermanfaat.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
  
Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  6 / 1
Tema / Topik                 :  Bhineka Tunggal Ika
Petemuan ke                 :  1
Semester                        :  1   (satu)
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
þ  Menerima, menghargai  dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
þ  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual  dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
þ  Menghargai keanekaragaman agama, sosial, budaya, ekonomi, dan politik  dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
þ  Menghayati sikap bangga sebagai bangsa Indonesia
þ  Mengetahui susunan UUD 1945 melalui bacaan atau permainan

Bahasa Indonesia
þ  Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
þ  Menyapa orang lain dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih, atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya.
þ  Mendengarkan isi berita dari televisi atau radio, mencatat pokok-pokok isinya, dan menanggapi isinya secara tertulis
þ  Membaca dan mengajukan pendapat secara tertulis informasidari kolom/rubrik khusus (majalah anak-anak, koran, dsb.)
þ  Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota,  daftar riwayat hidup, dsb

Matematika
þ  Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
þ  Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dan grafik
þ  Menjelaskan arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
þ  Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
þ  Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam
þ  Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya
þ  Membentuk/menggambar bangun datar gabungan serta menghitung luasnya
þ  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ  Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten,  tepat dan Pyramid yang baik serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: Pyramid) dalam kelompok besar

Seni, Budaya, dan Prakarya
þ  Membuat karya kreatif tekstil yang mengacu pada kerajinan tekstil Nusantara
þ  Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan
þ  Memperagakan tari bertema sesuai dengan busana pokok mengacu pada gaya tari daerah  dengan komposisi tari

C.     INDIKATOR
    PPKn
þ  Menyimpulkan nilai positif dari cerita rakyat
þ  Menuliskan nama-nama tentang suku bangsa / ras, agama, status sosial, budaya, tradisi atau kegemaran, dll, berdasarkan kuesioner yang dibuat
þ  Menjelaskan tradisi dalam keluarga sendiri berdasarkan agamanya masing-masing
þ  Menjelaskan kekayaan budaya yang dimiliki oleh indonesia
þ  Menyimpulkan sikap-sikap yang harus dimiliki sebagai bangsa indonesia
þ  Menunjukkan sikap bangga sebagai bangsa indonesia 
þ  Menceritakan awal terbentuknya UUD 1945
þ  Menyusun alinea UUD 1945 yang acak menjadi kesatuan yang utuh
þ  Mencocokkan kalimat UUD 1945sesuai dengan letak alinea yang tepat

Bahasa Indonesia
þ  Menunjukkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia
þ  Memberikan contoh peran bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan nasional
þ  melakukan percakapan dan memainkan peran
þ  membuat kalimat langsung
þ  Menyimpulkan pokok-pokok penting berita berdasarkan 5W1H
þ  Memberikan tanggapan tertulis terhadap masalah, lalu menganalisis dan memberikan solusi terhadap masalah.
þ  Mencatat informasi penting dari kolom/rubik khusus (majalahanak, koran, dsb.)    
þ  Menjawab pertanyaan tentang isi informasi dari kolom/rubik khusus (majalahanak, koran, dsb.) 
þ  Menyampaikan tanggapan secara tertulis tentang informasi dari kolom/rubik khusus (majalahanak, koran, dsb.)
þ  Menjelaskan tentang  teknik pengisian formulir dengan benar
þ  Mengisi formulir (pendaftaran, kartuanggota, kartu pos,  daftarriwayathidup, dsb.)tertentu dengan benar dengan pilihan kata dan ejaan yang tepat
þ  menyusun riwayat hidup berdasarkan formulir boidata
þ  mendeskripsikan
þ  diri: prestasi, suka duka, dan orang yang paling berjasa dalam mendukung prestasi.

Matematika
þ  Mengukur panjang suatu benda dengan meteran
þ  Mengukur keliling suatu benda dengan meteran
þ  Membuat lembar isian sederhana untuk memperoleh informasi
þ  Mengisi lembar isian dengan benar
þ  Menjelaskan hasil isian lembar isian,
þ  Menyajikan data dengan tabel
þ  Menyajikan data dengan grafik
þ  Menjelaskan ukuran pemusatan data
þ  Menghitung ukuran pemusatan data
þ  Menjelaskan informasi berdasarkan data dengan  menggunakan ukuran pemusatan
þ  menafsirkan informasi berdasarkan ukuran pemusatan
þ  Mengukur besar sudut  dg satuan tidak baku
þ  Mengukur besar sudut  dg satuan tidak baku
þ  Menentukan bentuk suatu bangun ruang
þ  Menghitung volume suatu bangun ruang
þ  Membentuk bangun datar gabungan
þ  Mengitung luas bangun datar
þ  Menyusun kalimat matematika suatu masalah
þ  Menyelesaikan masalah yang berkaitan denganoperasi hitung, bangun ruang

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ  Aspek Kognitif
ü  Menyebutkan konsep rangkaian senam ketangkasan (guling depan, sikap melayang, guling belakang, sikap lilin)
þ  Aspek Psikomotorik
ü  Memperagakan rangkaian sikap melayang dan guling depan
ü  Memperagakan rangkaian sikap melayang dan guling belakang
ü  Memperagakan rangkaian sikap melayang ,guling depan/belakang dan sikap lilin
ü  Membentuk yramid secara kelompok
þ  Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri  selama melakukan aktivitas gerak

Seni, Budaya, dan Prakarya
þ  Menghasilkankaryakreatifberdasarkankerajinantekstilnusantara
þ  Menghasilkan motif hiastekstilnusantara
þ  Menyanyikanlagudearahduasuara
þ  Menarikantaribertemadengan menggunakanbusanapokok yang mengacupadagayataridaerah




Untuk mendapatkan file dokumen lengkap dalam bentuk microsoft words atau .doc, silahkan klik tautan di bawah ini:
[6] RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Kesehatan Masyarakat.doc

Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas, tapi utamakan berkomentar tentang postingan ini.

Emoticon