RPP SD Kelas 6 K13 - Setelah arsipkantor.com membagikan RPP SD kelas 1 sampai 5, kali ini arsipkantor.com akan membagikan RPP SD Kelas VI K13, berikut ini sedikit cuplikannya. Semoga bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ....................................................
Kelas / Semester : 6 / 1
Tema / Topik : Bhineka
Tunggal Ika
Petemuan ke : 1
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
þ
Menerima,
menghargai dan menjalankan ajaran Agama
yang dianutnya
þ
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dan
cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan
cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan
tempat bermain
þ
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
PPKn
þ Menghargai keanekaragaman agama, sosial, budaya, ekonomi,
dan politik dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
þ Menghayati sikap bangga sebagai bangsa Indonesia
þ Mengetahui susunan UUD 1945 melalui bacaan atau permainan
Bahasa
Indonesia
þ Menerima
Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan
bangsa
þ Menyapa orang lain dan menyampaikan ucapan selamat, terima
kasih, atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya.
þ Mendengarkan isi berita dari televisi atau radio, mencatat
pokok-pokok isinya, dan menanggapi isinya secara tertulis
þ Membaca dan mengajukan pendapat secara tertulis
informasidari kolom/rubrik khusus (majalah anak-anak, koran, dsb.)
þ Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, daftar riwayat hidup, dsb
Matematika
þ Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan
informasi tertentu
þ Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dan
grafik
þ Menjelaskan arti rata-rata, median dan modus dari
sekumpulan data
þ Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus
dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
þ Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan
satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua
jarum jam
þ Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana
serta menghitung volumenya
þ Membentuk/menggambar bangun datar gabungan serta
menghitung luasnya
þ Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menentukan
kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan
operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari
di rumah, sekolah, atau tempat bermain
serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ
Mempraktikkan
sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat dan Pyramid yang baik serta
mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan
dinamis, tumpuan dan gantungan
(misalnya: Pyramid) dalam kelompok besar
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Membuat karya kreatif tekstil yang mengacu pada kerajinan
tekstil Nusantara
þ
Menyanyikan
lagu daerah dua suara dengan iringan
þ Memperagakan tari bertema sesuai dengan busana pokok
mengacu pada gaya tari daerah dengan
komposisi tari
C. INDIKATOR
PPKn
þ Menyimpulkan nilai positif dari cerita rakyat
þ Menuliskan nama-nama tentang suku bangsa / ras, agama,
status sosial, budaya, tradisi atau kegemaran, dll, berdasarkan kuesioner yang
dibuat
þ Menjelaskan tradisi dalam keluarga sendiri berdasarkan
agamanya masing-masing
þ Menjelaskan kekayaan budaya yang dimiliki oleh indonesia
þ Menyimpulkan sikap-sikap yang harus dimiliki sebagai bangsa
indonesia
þ Menunjukkan sikap bangga sebagai bangsa indonesia
þ Menceritakan awal terbentuknya UUD 1945
þ Menyusun alinea UUD 1945 yang acak menjadi kesatuan yang
utuh
þ Mencocokkan kalimat UUD 1945sesuai dengan letak alinea yang
tepat
Bahasa Indonesia
þ Menunjukkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia
þ Memberikan contoh peran bahasa Indonesia sebagai bahasa
negara dan nasional
þ melakukan percakapan dan memainkan peran
þ membuat kalimat langsung
þ Menyimpulkan pokok-pokok penting berita berdasarkan 5W1H
þ Memberikan tanggapan tertulis terhadap masalah, lalu
menganalisis dan memberikan solusi terhadap masalah.
þ Mencatat informasi penting dari kolom/rubik khusus
(majalahanak, koran, dsb.)
þ Menjawab pertanyaan tentang isi informasi dari kolom/rubik
khusus (majalahanak, koran, dsb.)
þ Menyampaikan tanggapan secara tertulis tentang informasi
dari kolom/rubik khusus (majalahanak, koran, dsb.)
þ Menjelaskan tentang
teknik pengisian formulir dengan benar
þ Mengisi formulir (pendaftaran, kartuanggota, kartu
pos, daftarriwayathidup, dsb.)tertentu
dengan benar dengan pilihan kata dan ejaan yang tepat
þ menyusun riwayat hidup berdasarkan formulir boidata
þ mendeskripsikan
þ diri: prestasi, suka duka, dan orang yang paling berjasa
dalam mendukung prestasi.
Matematika
þ Mengukur panjang suatu benda dengan meteran
þ Mengukur keliling suatu benda dengan meteran
þ Membuat lembar isian sederhana untuk memperoleh informasi
þ Mengisi lembar isian dengan benar
þ Menjelaskan hasil isian lembar isian,
þ Menyajikan data dengan tabel
þ Menyajikan data dengan grafik
þ Menjelaskan ukuran pemusatan data
þ Menghitung ukuran pemusatan data
þ Menjelaskan informasi berdasarkan data dengan menggunakan ukuran pemusatan
þ menafsirkan informasi berdasarkan ukuran pemusatan
þ Mengukur besar sudut
dg satuan tidak baku
þ Mengukur besar sudut
dg satuan tidak baku
þ Menentukan bentuk suatu bangun ruang
þ Menghitung volume suatu bangun ruang
þ Membentuk bangun datar gabungan
þ Mengitung luas bangun datar
þ Menyusun kalimat matematika suatu masalah
þ Menyelesaikan masalah yang berkaitan denganoperasi hitung,
bangun ruang
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Aspek Kognitif
ü
Menyebutkan
konsep rangkaian senam ketangkasan (guling depan, sikap melayang, guling
belakang, sikap lilin)
þ Aspek Psikomotorik
ü
Memperagakan
rangkaian sikap melayang dan guling depan
ü
Memperagakan
rangkaian sikap melayang dan guling belakang
ü
Memperagakan
rangkaian sikap melayang ,guling depan/belakang dan sikap lilin
ü
Membentuk
yramid secara kelompok
þ Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas gerak
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Menghasilkankaryakreatifberdasarkankerajinantekstilnusantara
þ Menghasilkan motif hiastekstilnusantara
þ Menyanyikanlagudearahduasuara
þ Menarikantaribertemadengan menggunakanbusanapokok yang
mengacupadagayataridaerah
Untuk mendapatkan file dokumen lengkap dalam bentuk microsoft words atau .doc, silahkan klik tautan di bawah ini:
[6] RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Kesehatan Masyarakat.doc
Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.
Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas, tapi utamakan berkomentar tentang postingan ini.
Emoticon