Breaking News
Join This Site
RPP SD Kelas 5 Kurikulum 2013

RPP SD Kelas 5 Kurikulum 2013

RPP SD Kelas 5 K13 - Setelah sebelumnya arsipkantor.com membagikan RPP SD mulai dari kelas 1 sampai kelas 4, kali ini arsipkantor.com akan membagikan RPP SD untuk kelas V yang menggunakan kurikulum 2013, semoga bermanfaat.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
  
Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     V / 1
Tema 1                            :     Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1                   :     Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke          :     1
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD) :
Bahasa Indonesia
3.1       Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
¡  Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan penga­ruh kegiatan manusia keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia

Kompetensi Dasar (KD) :
4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
¡  Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai peruba­han alam dan

Matematika
3.2       Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
Indikator:
¡  Menyelesaikan soal latihan peca­han biasa, campuran, desimal

Kompetensi Dasar (KD) :
4.1       Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator:
¡  Mengenal bentuk pecahan biasa
¡  Mengenal bentuk pecahan cam­puran
¡  Mengenal bentuk pecahan desimal

IPS
3.1       Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasionalI
Indikator:
¡  Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan bu­daya dalam lingkup nasional

Kompetensi Dasar (KD) :
4.1       Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
Indikator:
¡  Menyusun laporan secara ter­tulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.



C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
¡  Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang berdampak pada manusia dengan cermat.
¡  Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh–contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
¡  Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
¡  Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membuat kerajinan ronce dengan mengikuti prosedur yang benar.
¡  Melakukan percobaan dan pengamatan tentang perubahan bentuk benda setelah mengalami pendinginan dan pembakaran
¡  Mengamati dan memprediksi peristiwa yang akan terjadi pada lilin yang dibakar
¡  Menjelaskan kerusakan dan perubahan alam karena perilaku manusia berdasarkan bacaan

E.     PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah



Untuk mendapatkan file dokumen lengkap dalam bentuk microsoft words atau .doc, silahkan klik tautan di bawah ini:
[9] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Lingkungan Sahabat Kita.docx
KI dan KD SD 2013.doc
KKM Kelas 5.doc
Program Semester Kls 5.doc
Program Tahunan Kls 5.doc
Silabus Integrasi Kelas 5.doc

Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas, tapi utamakan berkomentar tentang postingan ini.

Emoticon