RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : V / 1
Tema 1 : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1 : Wujud
Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD) :
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
¡ Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan
pengaruh kegiatan manusia keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh
kegiatan manusia
Kompetensi Dasar (KD) :
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
Indikator:
¡ Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan
alam dan
Matematika
3.2 Memahami
berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat
mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan
dan pembagian
Indikator:
¡ Menyelesaikan soal latihan pecahan biasa, campuran,
desimal
Kompetensi Dasar (KD) :
4.1 Mengurai
sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai
kemungkinan jawaban
Indikator:
¡ Mengenal bentuk pecahan biasa
¡ Mengenal bentuk pecahan campuran
¡ Mengenal bentuk pecahan desimal
IPS
3.1 Memahami
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang
dan waktu serta keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan
dan budaya dalam lingkup nasionalI
Indikator:
¡ Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam
ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
Kompetensi Dasar (KD) :
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang,
konektivitas antarruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan
sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber-sumber yang tersedia
Indikator:
¡ Menyusun laporan secara tertulis dalam bentuk tabel hasil
identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah
ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan
perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
¡ Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa
mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang berdampak pada manusia dengan
cermat.
¡ Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa
dapat menemukan contoh–contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan
dengan cermat dan teliti.
¡ Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa
menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan
cermat dan teliti.
¡ Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa
dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan
desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Membuat kerajinan ronce dengan mengikuti prosedur yang
benar.
¡ Melakukan percobaan dan pengamatan tentang perubahan bentuk
benda setelah mengalami pendinginan dan pembakaran
¡ Mengamati dan memprediksi peristiwa yang akan terjadi pada
lilin yang dibakar
¡ Menjelaskan kerusakan dan perubahan alam karena perilaku
manusia berdasarkan bacaan
E. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Untuk mendapatkan file dokumen lengkap dalam bentuk microsoft words atau .doc, silahkan klik tautan di bawah ini:
[9] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Lingkungan Sahabat Kita.docx
KI dan KD SD 2013.doc
KKM Kelas 5.doc
Program Semester Kls 5.doc
Program Tahunan Kls 5.doc
Silabus Integrasi Kelas 5.doc
Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.
KI dan KD SD 2013.doc
KKM Kelas 5.doc
Program Semester Kls 5.doc
Program Tahunan Kls 5.doc
Silabus Integrasi Kelas 5.doc
Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas, tapi utamakan berkomentar tentang postingan ini.
Emoticon