Breaking News
Join This Site
RPP SD Kelas 3 Kurikulum 2013

RPP SD Kelas 3 Kurikulum 2013

RPP SD Kelas 3 K13 - Untuk menyambut tahun pelajaran baru kali ini, arsipkantor.com akan membagikan RPP yang diperuntukkan untuk SD Kelas III yang menggunakan Kurikulum 2013/K13. Semoga bermanfaat.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  ....................................................
Kelas / Semester          :  3 / 1
Tema / Topik                 :  Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
Petemuan ke                 :  1
Semester                        :  1   (satu)
Alokasi Waktu               :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
þ  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yangdianutnya
þ  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
þ  Mengetahui perlunya sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah melalui pengamatan

Bahasa Indonesia
þ  Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
þ  Membacakan doa dengan pengucapan yang baik
þ  Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu

Matematika
þ  Menemukan sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ  Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  dalam  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
þ  Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ  Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak  dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

Seni, Budaya, dan Prakarya
þ  Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan

C.     INDIKATOR
    PPKn
þ  Memberikan contoh sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di rumah
þ  Memberikan contoh sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di sekolah
þ  Membiasakan  bersikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di rumah
þ  Membiasakan bersikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di sekolah

Bahasa Indonesia
þ  Bersikap tertib (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
þ  Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ  Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
þ  Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
þ  Menulis pokok-pokok informasi yang diperoleh dengan tepat

Matematika
þ  Menemukan sifat komutatif pada operasi hitung pola penjumlahan
þ  Menemukan sifat komutatif pada operasi hitung pola perkalian
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ  Mendiskusikan  bentuk permainan kombinasi gerak dasar lokomotor, kombinasi gerak dasar  non lokomotor, kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif
þ  Melakukan berjalan, berlari dengan berbagai variasi.
þ  Mengkombinasikan gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dengan berbagai variasi.
þ  Mengkombinasikan gerak dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan.

Seni, Budaya, dan Prakarya
þ  Menjelaskan keunikan karya seni  dan karya kreatif
þ  Memuji karya seni dan karya kreatif  teman
þ  Merawat karya seni dan karya kreatif  yang ada di sekolah
þ  Menunjukkan kebanggaan terhadap karya sendiri

D.     TUJUAN
þ  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
þ  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
þ  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
þ  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia




Untuk mendapatkan file dokumen lengkap dalam bentuk microsoft words atau .doc, silahkan klik tautan di bawah ini:

Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas, tapi utamakan berkomentar tentang postingan ini.

Emoticon