RPP SD Kelas 3 K13 - Untuk menyambut tahun pelajaran baru kali ini, arsipkantor.com akan membagikan RPP yang diperuntukkan untuk SD Kelas III yang menggunakan Kurikulum 2013/K13. Semoga bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ....................................................
Kelas / Semester : 3 / 1
Tema / Topik : Sayangi
Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
Petemuan ke : 1
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
þ Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yangdianutnya
þ Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
PPKn
þ Mengetahui
perlunya sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan di sekolah melalui pengamatan
Bahasa
Indonesia
þ Mendengarkan
penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang
dianutnya) di sekolah dan di rumah.
þ Membacakan
doa dengan pengucapan yang baik
þ Gemar
menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain
berdasarkan rasa ingin tahu
Matematika
þ Menemukan
sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan
dan perkalian
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
þ Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
þ Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Memuji
keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai
anugrah Tuhan
C. INDIKATOR
PPKn
þ Memberikan contoh sikap patuh pada tata tertib dan
aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di rumah
þ Memberikan contoh sikap patuh pada tata tertib dan
aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di sekolah
þ Membiasakan
bersikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan
sehari-hari di rumah
þ Membiasakan bersikap patuh pada tata tertib dan aturan
yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di sekolah
Bahasa Indonesia
þ Bersikap tertib (menjaga keheningan) dalam mendengarkan
doa
þ Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
þ Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
þ Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
þ Menulis pokok-pokok informasi yang diperoleh dengan
tepat
Matematika
þ Menemukan sifat komutatif pada operasi hitung pola
penjumlahan
þ Menemukan sifat komutatif pada operasi hitung pola
perkalian
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Mendiskusikan bentuk
permainan kombinasi gerak dasar lokomotor, kombinasi gerak dasar non lokomotor, kombinasi pola gerak dasar
lokomotor dan manipulatif
þ Melakukan berjalan, berlari dengan berbagai variasi.
þ Mengkombinasikan gerak mengayun, membungkuk dan menekuk
dengan berbagai variasi.
þ Mengkombinasikan gerak dasar melempar, menangkap, dan
memukul bola dalam bentuk permainan.
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Menjelaskan keunikan karya seni dan karya kreatif
þ Memuji karya seni dan karya kreatif teman
þ Merawat karya seni dan karya kreatif yang ada di sekolah
þ Menunjukkan kebanggaan terhadap karya sendiri
D. TUJUAN
þ Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
þ Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan
guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Untuk mendapatkan file dokumen lengkap dalam bentuk microsoft words atau .doc, silahkan klik tautan di bawah ini:
Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas, tapi utamakan berkomentar tentang postingan ini.
Emoticon