RPP SD Kelas 4 K13 - Kali ini arsipkantor.com akan membagikan perangkat pembelajaran untuk SD kelas IV yang menggunakan kurikulum 2013/K13. Berikut ini sedikit cuplikanya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _____________________________
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi,
dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan
tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
¡ Mengolah
informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran
Kompetensi Dasar
PPKn
3.4 Memahami arti
bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja
sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat.
4.4 Mengelompokkan
kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti
bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
Indikator :
¡ Menjelaskan
keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
¡ Menjelaskan
ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
¡ Menuliskan
contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
Kompetensi Dasar
IPS
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Indikator :
¡ Menjelaskan
sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
Kompetensi Dasar
SBdP
3.2 Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
Indikator :
¡ Menyanyikan
lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Setelah
mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang
ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
¡ Setelah
membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam
bentuk peta pikiran dengan benar.
¡ Setelah
mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam
bentuk tulisan dengan benar.
¡ Setelah
bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk
kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
¡ Setelah
bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang
sesuai.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Peta budaya
(ada di buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat,
rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
¡ Teks
“Mengenal Suku Minang”.
¡ Ciri
khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat,
bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Untuk mendapatkan file dokumen lengkap dalam bentuk microsoft words atau .doc, silahkan klik tautan di bawah ini:
[1] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Indahnya Kebersamaan.docx
[2] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Selalu Berhemat Energi.docx
[3] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Peduli Terhadap Makhluk Hidup.docx
[4] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Berbagai Pekerjaan.docx
[5] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Pahlawanku.docx
[6] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Indahnya Negeriku.docx
[7] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Cita-Citaku.docx
[8] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Tempat Tinggalku.docx
[9] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Makanan Sehat dan Bergizi.docx
KI dan KD SD 2013.doc
KKM Kelas 4.doc
Program Semester Kls 4.doc
Program Tahunan Kls 4.doc
Silabus Integrasi Kelas 4.doc
Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.
Berkomentarlah dengan baik dan sopan, komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas, tapi utamakan berkomentar tentang postingan ini.
Emoticon