Breaking News
Join This Site
RPP SD Kelas 4 Kurikulum 2013

RPP SD Kelas 4 Kurikulum 2013

RPP SD Kelas 4 K13 - Kali ini arsipkantor.com akan membagikan perangkat pembelajaran untuk SD kelas IV yang menggunakan kurikulum 2013/K13. Berikut ini sedikit cuplikanya.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

  Satuan Pendidikan      :     _____________________________
Kelas / Semester          :     IV (Empat) / 1
Tema 1                            :     Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1                   :     Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran                :     1
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1       Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
¡  Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran

Kompetensi Dasar
PPKn
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3       Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4       Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
Indikator :
¡  Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
¡  Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
¡  Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia

Kompetensi Dasar
IPS
3.5       Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5       Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Indikator :
¡  Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan

Kompetensi Dasar
SBdP
3.2       Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5       Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
Indikator :
¡  Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai



C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
¡  Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
¡  Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
¡  Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
¡  Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Peta budaya (ada di buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
¡  Teks “Mengenal Suku Minang”.
¡  Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik

¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah



Untuk mendapatkan file dokumen lengkap dalam bentuk microsoft words atau .doc, silahkan klik tautan di bawah ini:
[1] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Indahnya Kebersamaan.docx
[2] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Selalu Berhemat Energi.docx
[3] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Peduli Terhadap Makhluk Hidup.docx
[4] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Berbagai Pekerjaan.docx
[5] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Pahlawanku.docx
[6] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Indahnya Negeriku.docx
[7] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Cita-Citaku.docx
[8] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Tempat Tinggalku.docx
[9] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Makanan Sehat dan Bergizi.docx
KI dan KD SD 2013.doc
KKM Kelas 4.doc
Program Semester Kls 4.doc
Program Tahunan Kls 4.doc
Silabus Integrasi Kelas 4.doc

Terima kasih telah mengunjungi arsipkantor.com, kami tunggu kunjunganya kembali. Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share melalui media sosial anda.

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, komentar SPAM akan dihapus. Tema komentar bebas, tapi utamakan berkomentar tentang postingan ini.

Emoticon